Animasi Stop Motion Sederhana Induk Ayam dan Anaknya

6/13/2019

Apa itu Animasi Stop Motion ?

Sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Boneka dengan sendi yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak henti yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liat atau clay mation. (id.wikipedia.org/wiki/Gerak_henti)

Nah, pada kesempatan ini saya telah membuat sebuah animasi stop motion sederhana yang menceritakan tentang induk ayam yang sedang berbahagia karena akan bertelur, ketika bertelur induk ayam tersebut mengerami telurnya dan ketika telur itu menetas betapa bertambah bahagianya si induk ayam.

Kurang lebih ceritanya seperti itu, animasi ini merupakan sebuah karya untuk tugas softskill mata kuliah Pengantar Animasi & Desain Grafis, langsung saja dilihat video animasi stop motionnya berikut ini :


Apabila video tidak muncul silahkan klik link youtub ini : https://youtu.be/opMe0VlTSfY

Bagaimana animasitersebut ? menarik bukan ? Animasitersebut sangat sekali sederhana, pembuatannya pun sederhana juga. hanya perlu menyiapkan gambar frame per frame. Untuk animasi di atas dibutuhkan kurang lebih 100 frame.

Frame tersebut bisa dibuat dengan menggunakan gambar-gambar buatan atau berupa hasil jepretan foto, kemudian hasil-hasil frame yang banyak tersebut digabungkan jadi satu menggunakan sebuah video editor agar menjadi satu kesatuan frame yang padu sehingga dapat menghasilkan sebuah video berdurasi.

Dalam pengerjaannya saya menggunakan software video editor bawaan dari Windows 10, setiap gambar digabungkan seperti ini :


Mudah kan membuatnya ? Silahkan mencoba ya

Terimakasih ..............

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Tambahkan komentar Anda

No comments

Silahkan berkomentar disini, gunakanlah dengan bijak.
Hindari komentar yang mengandung SARA, terimakasih telah berkunjung.