Manfaat Dan Dampak Dari New Media

11/12/2017

Manfaat Dan Dampak Dari New Media




  
Disusun Oleh :

Ilham Muhammad                   ( 13116429 )
Twiky Shafa Ningroom           ( 17116465 )
Muhammad Tri Irsan               ( 14116647 )
Muhammad Rizky Prihandini  ( 15116094 )

Kelas   2KA06

Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA


Manfaat Dan Dampak Dari New Media

1. Pengertian New Media

New Media atau Media Baru berasal dari dua kata, yakni New dan Media. New yang berarti baru serta Media memiliki arti perantara. New Media merupakan perantara baru yang mengarah pada suatu teknologi terkomputerisasi yang digunakan pada berbagai bidang-bidang yang semuanya berbasis pada suatu jaringan internet.
Gambar : IT-Jurnal

New media merupakan media yang dapat membentuk interaksi sosial antar manusia contohnya melalui media sosial namun tetap berdasarkan aturan dan norma yang berlaku. Media baru yang saat ini sedang banyak digandrungi adalah ponsel pintar.

2. Manfaat dari New Media

  • Dalam Bidang Pendidikan
Di bidang ini, tentunya manfaat media baru sangat besar, dan sangat berpengaruh sekali untuk para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa dapat mencari bahan-bahan materi yang di perlukan, sehingga mampu mengurangi biaya dalam membeli buku, karena dapat mengunduh suatu buku digital yang berisi bahan-bahan materi yang dibutuhkan, dan datanya dapat disimpan agar bias dibaca kapanpunsehingga lebih praktis.

  • Dalam Bidang Kesehatan
Pada bidang ini akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi mengenai kesehatan, hanya dengan mengakses suatu website yang berisi media informasi seputar kesehatan yang banyak bermunculan di internet.

  • Dalam Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna bagi yang sedang mencari pekerjaan. Karena dengan New Media dapat dengan mudah mengetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki websitenya sendiri, sehingga hanya mengaksesnya saja dapat dengan mudah mendapatkan informasi tersebut.

  • Dalam Bidang Jual Beli
Bidang yang banyak sekali di akses, berbagai manfaat yang banyak didapatkan untuk pembeli, cukup dengan melihat gambar barang lalu melihat kode barang dan memesannya di sebuah website jual beli, sehingga tidak perlu datang ke took yang menjual barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat di lakukan dengan menggunakan ATM, ebanking, dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual adalah dapat menjual barang dimanapun dan kapanpun. Serta pengiriman barangpun dapat menggunakan jasa pengiriman barang dengan mudah.

  • Dalam Bidang Sosial
Dalam bidang ini merupakan kumpulan kegiatan dalam jejaring sosial, yang dianntaranya Facebook, WhatsApp, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut dapat saling berkomunikasi kapanpun dan dimanapun, serta dapat berkirim data, gambar maupun video dengan mudah.

3. Kesimpulan

Perkembangan internet tidak hanya memberi keuntungan finansial saja, namun juga sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi penggunanya. Seperti halnya New Media yang merupakan suatu terobosan baru dalam dunia internet, yang memberikan suatu akses tanpa batas bagi umat manusia. Berbagai manfaat dari New Media yang dirasakan pada berbagai bidang-bidang yang ada.

Memungkinkan segala informasi dan akses hanya dalam sebuah genggaman, yang semuanya saling terhubung satu sama lainnya. New Media sangat membantu berbagai pihak tanpa terkecuali. Namun itu semua tak mnutup kemungkinan adanya suatu tindakan criminal, karena pepatah mengatakan “Tidak Ada Sistem Yang Benar-Benar Aman”


Daftar Pustaka

https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Tambahkan komentar Anda

No comments

Silahkan berkomentar disini, gunakanlah dengan bijak.
Hindari komentar yang mengandung SARA, terimakasih telah berkunjung.